Discord (DC) 404 : 1. Perlukah Channel NSFW?

Sebuah pertanyaan yang sering kali muncul jika kamu adalah pemilik server discord. Apakah perlu untuk membuat channel NSFW? Jawabannya adalah, tergantung dari visi atau tujuan dari yang empunya server. Karena server discord sekarang sudah berbeda bentuk lingkungan komunitasnya dari 5 tahun yang lalu.

Dulu, discord server adalah sebuah wadah tempat berkumpulnya komunitas gamer dalam satu platform chat. Tempat untuk bersenang-senang yang hanya gabut atau sekedar chat ringan. Mirip era “Forum” tahun 2000 an, kalau jaman gw ya Kaskus. Sekarang fungsi discord server itu punya peran yang mengarah atau sebagian mirip dengan sosial media, yaitu sebagai tempat untuk mendekatkan diri antara merk dengan komunitas.

Sejak 2018, server discord “Chaldeans Community Party” salah satu server DC FGO tertua di Indonesia, tidak ada channel NSFW. Alasannya, tentu saja “diverensiasi” dengan server DC lainnya yang se tema. Ketika sebuah market pasar “Crowded” dengan jasa, produk, atau layanan yang sejenis, maka yang terjadi adalah “rebutan pangsa pasar“, dalam hal ini adalah member. Dampaknya adalah spam link invite DC secara membabi buta disemua platform sosial media dan semua jenis tema komunitas yang ada. Dan ketika hal itu terjadi, “that is bad“. Lu akan dibenci oleh semua orang karena spam link gak jelas apalagi lu orang baru.

Jadi, kembali ke pertanyaan awal. Apakah channel NSFW itu diperlukan? Tergantung. Kalau gw emang diperlukan sebagai diverensiasi disaat semua server itu sudah generik. Bagaimana dengan mu? Apa pendapatmu? Tinggalkan komentar dibawah.